euro-1353420_640

Asah 5 Kemampuan Ini Jika Kamu Ingin Mendapat Uang Dengan Menulis Artikel

CC Pixabay
CC Pixabay

Internet membuka banyak peluang bagi penggunanya untuk mendapatkan uang. Jika kamu sering berselancar di dunia maya, maka kamu akan sering mendapatkan berbagai artikel mengenai cara mendapat uang dari internet.

Tidak semua ajakan itu benar. Ada yang hanya sebatas iming-iming bahkan tipuan. Namun jika kamu cermat, kamu dapat menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan isi rekening tabunganmu.

Salah satu cara mengais rupiah atau bahkan dolar di internet adalah lewat tulisan. Kamu dapat menemukan sejumlah permintaan artikel di beberapa situs seperti Freelancer. Projects, atau Sribulancer. Selain dari situs itu, sejumlah situs berita atau hobi juga mengundang penulis mengisi situsnya dengan imbalan uang.

Mendapat uang dengan bekerja di rumah memang terdengar menyenangkan. Tapi kamu jangan menyangka ini hal yang mudah. Kebanyakan uang yang beredar di internet tidak besar, kecuali kamu menjual produk. Namun menjual produk juga tidak mudah karena kamu membutuhkan konten untuk mendatangkan pengunjung agar bisa melihat dan mengenal produkmu. Syukur kalau akhirnya mereka tertarik untuk membelinya.

Untungnya, jika kamu ingin menulis di internet kamu tidak perlu mahir layaknya novelis Ayu Utami atau sastrawan Goenawan Mohamad. Kamu cukup mencermati sejumlah hal yang dapat membantu kamu menulis konten yang berguna untuk situs webmu dan menjaring pengunjung untuk membacanya. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan uang dari internet lewat artikel.

1. Kamu harus menentukan bidang atau hal apa yang menarik minatmu. Setelah tahu bidang yang kamu minati, kamu harus mengerti bagaimana cara memenuhi blogmu dengan konten-konten yang menarik perhatian pengunjung. Dalam prosesnya kamu akan menemukan sejumlah cara menulis artikel dan akan mengerti mana format yang cocok dan mana yang tidak. Akhirnya kamu akan menemukan format tulisan yang tepat yang dapat mendatangkan pengunjung ke situsmu atau jika kamu menjual sesuatu, maka kamu dapat mendorong pengunjung membeli produkmu.

2. Saat merencanakan tulisan. kamu perlu mencari kata kunci yang akan kamu gunakan dalam artikel tersebut. Jujur, saya adalah orang yang yakin keaktifan blog dan kualitas konten akan membawa situsmu merangkak ke halaman depan mesin pencari. Namun, saya tidak meragukan peran kata kunci dalam mempengaruhi posisi blogmu. Gunakan kata-kata kunci dengan tingkat persaingan rendah. Kamu bisa menggunakan fasilitas perencanaan kata kunci di Google Adword untuk menemukannya. Jangan menggunakan kata kunci yang umum atau tingkat persaingannya tinggi karena kata-kata itu sudah digunakan oleh perusahaan besar dan pengiklan yang memiliki sumberdaya tak terhingga untuk mendaratkan mereka di halaman terdepan mesin pencari.

3. Dengan kata-kata kunci yang kamu temukan kamu dapat mengoptimasi tulisan atau situsmu dengan kata kunci tersebut. Secara umum ada banyak kata kunci panjang yang dapat kamu gunakan untuk artikelmu. Kata-kata kunci itu bisa kamu masukkan ke dalam artikelmu. Optimasi dapat kamu lakukan dengan mendaftarkan kata kunci umum, pendek, dan panjang ke dalam tulisanmu. Namun, kamu harus cermat memilih kata kunci yang akan dimasukkan ke dalam tulisan atau kontenmu karena itu akan memengaruhi isi konten tersebut.

4. Kamu harus tahu bagaimana memperkenalkan dan menjual situs webmu. Kamu harus mengerti siapa target pengunjungnya dan bagaimana kamu menemukan mereka di belantara dunia maya. kamu juga harus mengenal tujuan dari situs web tersebut apakah itu semata-mata berisi konten atau untuk menarik pembeli melihat produk-produk yang dijual. Jelas, cara mempromosikan 3 laman penjualan tidak sama dengan menulis 30 laman konten informasi.

5. Hal terakhir (dan menurut saya paling penting) adalah kamu harus mengisi situs webmu dengan informasi yang berkualitas dan berguna untuk pembaca. Kamu juga harus mengatur agar pengunjung nyaman berselancar di situsmu. Saya pribadi lebih suka dengan situs web yang membuat saya menggulirkan laman hingga akhir tulisan ketimbang situs yang meminta kamu menekan tombol ‘next’ untuk membaca lanjutan artikel. Jangan sampai pengunjung melihat kamu hanya memanfaatkan mereka untuk mendapatkan uang dengan meningkatkan jumlah klik semata. Pengunjung yang nyaman dengan situsmu akan terus datang dan tertarik untuk membaca di sana.

Jika pengunjung tertarik terus datang ke situs atau blogmu, hal itu akan membantumu mendapatkan uang melalui penjualan produk atau iklan. Namun, mendapat uang lewat artikel internet bukan hanya bertujuan meningkatkan jumlah pengunjung ke situsmu.

Sebagian penulis artikel di internet mendapat undangan untuk menulis di blog-blog besar. Atau bisa jadi seperti teman saya, ada situs e-commerece seperti Zalora dan Lazada yang membayar mereka mempromosikan produk yang dijual situs-situs itu di blog-blog penulis. Contoh lain adalah Eric Kim yang lognya tentang fotografi jalanan membawa dia mengisi workshop fotografi di seluruh dunia.

Di awal saya menulis, untuk menulis artikel di internet kamu tidak perlu mahir-mahir amat sebagai penulis. Namun, jangan menganggap kamu tidak dapat berkembang, sebaliknya jika kamu terus rajin mengisi blig, bukan hanya pengunjung yang bertambah melainkan juga kemampuanmu dalam menulis.

Jangan pernah berhenti belajar dan berkembang. Siapa tahu suatu saat berkat tulisan-tulisanmu yang menarik di internet kamu mendapat kesempatan untuk melakukan proyek-proyek penulisan besar yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Leave a Comment