wordpress-923188

Tips Membuat Blog

wordpress-923188

Di era internet, blog merupakan salah satu anugerah terbesar selain world wide web (www) dan email. Blog membuat banyak orang bisa menyampaikan suaranya dan menjadi pesaing bagi media arus utama yang kerap melewatkan suara-suara kelompok tertentu atau karena memang tidak memiliki sumberdaya untuk menjangkau semua kelompok.

Meski dunia maya saat ini didominasi oleh media sosial, namun peran blog tidak bisa dilepaskan dari interaksi para pengguna internet. Berbeda dengan media sosial yang membagikan pesan hanya pada orang-orang dalam koneksinya, blog dapat diakses oleh masyarakat umum.

Interaksi dua arah antara pembaca dan penulis jadi kekuatan utama blog. Sebuah blog yang baik dan aktif akan mendatangkan pembaca setia yang kerap berinteraksi dengan penulis blog tersebut. Interaksi itu membuat blog itu semakin dikenal dan pengunjungnya bertambah banyak.

Media sosial seperti facebook juga memiliki fitur blog, namun pamornya kalah dengan status. Facebook sendiri menciptakan fanpage yang dapat diakses oleh masyarakat umum pengguna facebook.

Meski media sosial semakin berkembang dan menghadirkan fitur yang memudahkan komunikasi penggunanya, seperti email, pamor blog tak kunjung luntur. Orang lebih banyak mengecek email ketimbang mengecek akun media sosialnya . Sementara blog juga terus bertumbuh. Rata-rata ada 2,7 juta postingan blog yang diterbitkan setiap hari. Diperkirakan lebih dari 500 juta domain blog yang terdaftar saat ini. Statistik jumlah blog tidak jelas karena Blogger (blogspot) tidak merilis berapa jumlah blog yang dibangun menggunakan platform milik Google itu.

Alasan setiap orang membangun blog beraneka ragam. Ada yang sekedar curhat, menjadikan blog sebagai catatan harian, mengomentari peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat, mencari uang, atau memicu kontroversi.

Jika kamu tertarik bergabung dengan komunitas blogger dunia maya dan ingin suaramu didengar, berikut saya membagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membangun blogmu:

Pilih topik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat blog adalah memilih topik. Jika kamu bekerja sendiri saya sarankan jangan membangun blog yang berisi berita-berita umum. Jauh lebih baik jika kamu memlih sebuah topik yang kamu senangi.

Topik untuk blogmu tidak terbatas: hiburan, olahraga, politik, agama, seni, kuliner, atau sinergi antar topik-topik tersebut.

Selain menentukan topik, penting untuk menentukan apa tujuan blogmu. Apakah sebagai tempat curhat atau catatan harian, berbagi informasi, atau kamu ingin membangun bisnis melalui blog itu.

Membangun bisnis lewat blog dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah membuat laman blog untuk situs produk atau perusahaan yang sudah ada. Kedua, ketika blogmu telah mendapat ratusan hingga ribuan pengunjung setiap harinya, kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan iklan dari Google Adsense, Chitika, atau Ads Optimal, kamu bisa menjual jasa dan produk.

Untuk pilihan pertama, Kamu telah memiliki topik yang sesuai dengan produk atau perusahaan. Kamu tinggal menulis blog agar situs tersebut tetap aktif dan tidak terjerembab di mesin pencari. Sementara jika kamu memilih yang kedua, lebih baik jika kamu menentukan topik ketimbang menyajikan hal-hal yang umum.

Menulis hal-hal yang umum memingkinkan blogmu sulit dikenal dan merangkak naik ke halaman depan mesin pencari. Sementara jika kamu memilih topik tertentu, kamu bisa mendapat pengunjung setia yang kerap mencari topik blogmu. Jika kamu berhasil dengan satu topik dan ingin membahas topik lain, kamu bisa membuat blog baru dengan topik tersebut.

Pilih topik yang benar-benar kamu kuasai dan ketahui sehingga para pembaca selalu mendapat pengetahuan dan sensasi baru setiap kali mengunjungi blogmu.

Pertajam Pesanmu

Jika kamu sudah menentukan topik, hal yenting selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan fokus blogmu. Sebuah topik bisa jadi terlalu luas dan fokus tulisanmu berubah-ubah di setiap postingan blog.

Jika kamu merasa tengah mengalami hal seperti itu, sudah saatnya kamu menentukan fokus blogmu.

Misalnya kamu senang dengan sepakbola, maka kamu dapat menentukan liga apa yang akan kamu bahas di dalam blogmu. Selanjutna kamu dapat memilih tim tertentu atau fokus membahas para pemain yang berlaga di liga tersebut.

Mempertajam fokus akan menjaga blog lari terlalu jauh dari topik. Fokus akan membawa peminat membaca dan mengikuti setiap tulisan kamu.

Namun jangan lupa sesekali kamu menulis topik yang umum yang bisa dihubungkan dengan topik blogmu. Jika terlalu fokus dan materinya terbatas kamu terancam kehabisan bahan dan blogmu akan lama kosong sehingga pembaca setianya tak lagi tertarik mengikuti blogmu.

Perlebar Bahasan

Sudah memilih topik dan mempertajam fokus, kok harus memperlebar bahasan?

Kamu mungkin bingung dengan saran yang satu ini. Namun yang dimaksud memperlebar bahasan adalah bahasan yang masih masuk dalam minat dan fokusmu.

Misalnya kamu ingin menulis tentang Pilkada DKI. Kalau kamu membuat blog dengan fokus untuk Pilkada DKI, maka setelah pelantikan gubernur terpilih kamu akan kehabisan bahan.

Jika kamu senang dengan topik pilkada, ada baiknya membahas dan fokus pada sosialisasi dan kecerdasan pemilih. Selama masa pilkada DKI, kamu bisa memilihnya sebagai salah satu contoh kasus.

Dengan bahasan yang lebar (tapi masih dalam satu topik dan fokus) maka kamu memiliki banyak materi yang akan ditulis. Banyaknya materi berarti blogmu akan berumur lebih panjang karena blog berguna sebagai identitasmu dan bisa jadi sebagai salah satu ladang bisnismu.

Memilih Platform

Ada banyak platform yang tersedia untuk membangun blog. Empat yang saat ini sering dipakai adalah WordPress, Tumblr, Blogger, dan Medium. Jika kamu memang ingin menulis, saya menyarankan menggunakan wordpress.com atau Medium karena keduanya memiliki tema – tema sederhana.

Jika kamu ingin suatu saat mencari iklan dengan lewat blog namun tidak ingin mengeluarkan uang untuk membangun blog, kamu bisa menggunakan Blogger. Satu kekurangan blogger adalah tema-temanya yang minim variasi. Hal ini sangat disayangkan mengingat Google yang memiliki Blogger cenderung menganaktirikan platform yang juga kita kenal sebagai Blogspot itu.

Satu platform lagi adalah Tumblr. Platform ini cocok jika ingin menampilkan banyak gambar dan multimedia dalam blogmu. Tampilannya sederhana, namun kaya tema sehingga kamu tidak bosan.

Jika kamu baru belajar membuat blog, saya sarankan untuk memulainya dengan platform gratis. Dalam proses belajar, ada baiknya kamu tidak mengeluarkan uang saat membangun blogmu. Jika kamu gagal dan tidak ingin melanjutkan ngeblog, kamu tak akan merasa rugi karena menggunakan fasilitas berbayar.

Tidak ada yang salah dengan blog gratis. Penulis besar seperti Paulo Coelho bahkan menggunakan wordpress.com sebelum menggunakan platform berbayar.

Berusahalah mencari pengunjung sebelum memutuskan menggunakan fasilitas berbayar. Jika memang sudah yakin lebih serius ngeblog dan berencana mendapatkan uang dari blogmu, kamu bisa menggunakan layanan hosting sendiri dan membeli domain yang kamu suka.

Beberapa penyedia layanan seperti Hostinger, QWords, dan Niagahoster memberikan layanan hosting berkualitas dengan harga terjangkau. Mereka biasanya menawarkan paket pembelian hosting dan domain. Kamu bisa memilih nama domain yang tersedia di layanan-layanan tersebut sebelum membangun blogmu.

Menggunakan hosting personal tidak hanya berfungsi untuk membangun blog jika kamu ingin mancari pendapatan melalui iklan. Hosting-hosting tersebut menawarkan ruang penyimpanan yang tak terbatas untuk data-datamu dan kapasitas pita lebarnya (bandwidth) tak terhingga. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat blogmu kebanjiran pengunjung karena server blogmu tidak akan down.

Jika kamu sudah memilih hosting, kamu bisa menginstal platform apa yang akan kamu pakai. Kebanyakan blogger menginstal platform WordPress karena memiliki kekayaan tema tampilan dan plugin. Pilihan platform lain yang juga ditawarkan untuk membangun blog di hosting personal adalah Joomla.

Bangun Blogmu

Selesai menginstal platform, selanjutnya kamu membangun blogmu. Secara umum, blog seperti Tumblr, WordPress, Blogger, dan Medium menawarkan fasilitas yang sederhana. Pengguna tinggal mengklik dan menggeser bagian-bagian tampilan blog sesuai dengan keinginan. Harus diingat, beberapa tampilan blog memang gratis, namun ada juga yang berbayar. Dalam tema gratis, ada beberapa produk premium yang ditawarkan jika anda membeli versi pro atau premiumnya. Namun umumnya versi dasar sudah cukup untuk menampilkan tulisan, gambar, video dan animasi. Untuk panduan membangun blog setiap platform, kamu bisa mengklik tautan di bawah ini:

WordPress Gratis

WordPress Berbayar

Blogger

Tumblr

Medium

Datangkan Pembacamu

Membangun blog pada umumnya adalah pekerjaan yang gampang. Hal yang paling sulit adalah mengisinya secara rutin.

Blog yang aktif punya kemungkinan mendapat banyak pengunjung ketimbang yang hanya diisi sesekali. Blog pribadi saya sudah berumur lima tahun, namun karena sebelumnya jarang terupdate, posisinya secara umum tak menonjol di mesin pencari. (Kecuali jika kamu menulis ‘Yermia Riezky’ di Google)

Selain rutin mengisi blog, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan blogmu adalah dengan menjadi blogger tamu di situs-situs yang terbukti memiliki banyak pengunjung. Jika tidak menemukan blog yang sesuai keinginanmu, kamu bisa menulis di situs jurnalisme warga seperti kompasiana.com atau hipwee.com.

Peran media sosial juga tidak bisa disingkirkan. Kamu dapat mempromosikan blogmu lewat facebook atau twitter. Jangan lupa rajin mengunjungi dan memberikan komentar bermutu di blog-blog yang memiliki bahasan sama dengan blogmu. Hal ini akan membangun interaksi dengan blogger lain yang membuatmu semakin dikenal.

Menulislah

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, membuat blog adalah hal yang gampang. Tapi, membuatnya tetap aktif dan dinamis adalah hal yang sulit.

Tidak ada catatan jumlag blog yang berhenti, namun saya yakin banyak blog yang berhenti di tengah jalan beberapa bulan setelah dibuat.

WordPress sudah memberikan postingan ‘Hello World’ sebagai bonus tulisan pertamamu. Tapi, blogmu tidak mungkin hanya berupa lambaian tangan pada dunia.

Blog merupakan jati dirimu. Sedikit banyak isi blogmu mencerminkan dirimu yang sesungguhnya. Jika kamu membagikan artikel-artike yang inspiratif, itu pertanda kamu orang yang suka menginspirasi atau paling tidak suka dengan inspirasi dan membantu sesama. Jika isi blogmu kebanyakan berisi kebencian dan provokasi, para pengunjung akan menilai dirimu sebagai orang yang mudah panas dan cepat terpancing untuk menanggapi sesuatu lewat kebencian.

Menulislah di blogmu dengan bahagia dan tanpa paksaan. Jangan menulis saat kamu terpaksa. Namun kamu harus ingat bahwa semakin sering kamu menulis di blogmu, kemungkinan blogmu di jangkau banyak pembaca akan semakin besar.

Kamu tidak perlu menulis dengan bagus. Tulis apa yang ada dalam benakmu atau ide-ide apa yang sudah kamu catat selama seharian.

Blog merupakan salah satu cara untuk terhubung dengan dunia. Lewat blog kamu berbagi pesan dan pengetahuanmu kepada para pengunjung.

Tidak ada yang memaksamu untuk membuat blog. Namun jika kamu sudah membuatnya, buatlah proses menulis blog sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi?

2 thoughts on “Tips Membuat Blog

    • Terima kasih ruangfoto.

      Sebenarnya kebutuhan platform tergantung dengan tujuan blog. Jika murni ingin memajang foto, menurut saya tumblr adalah platform yang pas. Jika murni untuk belajar menulis, wordpress.com ata medium.com paling pas.

      Tapi jika ada keinginan untuk mengembangkan blog menjadi bisnis atau profesi, atau anda ingin mengembangkan kemampuan ngeblog dan memegang kontrol penuh pada blog sendiri, saya menyarankan membeli hosting dan menggunakan platform wordpress.org.

Leave a Comment