coffee-1128140_1280

50 Tips Blogging dari Eric Kim: #1 Ingin Memulai Blog, Mulai Saja !

7131303323_4502e72a64_z

Beberapa hari lalu salah satu blogger favorit saya Eric Kim menulis 50 tips ngeblog untuk pemula. Tulisan itu sangat menginspirasi saya dan saya yakin dapat menginspirasi siapapun yang baru memulai atau tengah mengembangkan blognya.

Eric Kim sangat dikenal di kalangan penggiat fotografi jalanan (street photography) selain karena foto-fotonya namun terutama keinginannya untuk menyebarkan pengetahuan terkait fotografi. Ia memulai blognya sekitar lima tahun lalu dan terus aktif mengisinya beberapa kali dalam seminggu.

Kini jika kamu mencari informasi mengenai Street Photography di Google, maka blog Eric akan ada di halaman pertama. Ia melakukannya karena terus aktif mengisi blog meski tak terlalu memikirkan soal kata kunci dan SEO. Eric juga tidak mengiklankan situsnya agar muncul di halaman depan karena ia mengaku blognya mulai dikenal setelah satu hingga dua tahun rutin mengisi blognya.

Mulai dari postingan ini, saya akan membagikan tips-tips yang ditulisakan Eric dan membandingkannya dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan. Semoga dapat mendorong kamu untuk lebih giat dan berani untuk menulis di blog pribadimu.

Tips pertama Eric mendorong kamu untuk memulai blog. Saat kamu ingin membuat sebuah blog, mulai saja.

Kamu tidak perlu rumit untuk menentukan bagaimana arah blogmu. Kebanyak blog adalah blog pribadi yang berisi catatan harian, pandangan hidup, atau komentar tentang situasi lingkungan dan masyarakat yang terjadi.

Kamu boleh menentukan apa saja topik blog pribadimu. Apakah itu akan menjadi catatan harian, blog fotografi, atau pandangan politikmu. Namun, jangan menjadikan itu menjadi hal yang rumit.

“Kita punya banyak ide-ide hebat, teori, dan konsep, Tapi kamu harus sadari kalau sepanjang hidupmu kamu tidak akan pernah benar-benar siap. Hidup itu mengalir. Kita terus belajar, berevolusi, dan menjadi sesuatu,” kata Eric.

Kita kerap khawatir saat akan menulis termasuk untuk blog pribadi. Kita sibuk soal ide, bagaimana menuliskannya, membangun kerangka tulisan, dan proses-proses lain di awal. Pada akhirnya, tulisan itu tidak pernah jadi.

Sebaliknya, saya kerap merasa punya banyak ide yang bolak balik di dalam pikiran. Beberapa sempat saya catat, namun pada ujungnya, saya tidak jadi menulisnya.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, hal-hal seperti itu yang membuat kita tidak akan pernah menulis atau membuat blog. Ada ketakutan tulisan itu tidak jadi atau tidak menarik untuk dibaca.

Blog merupakan pandangan pribadimu. Blog pribadimu sedikit banyak akan menunjukkan siapa jati dirimu. Dan lewat blog, kamu dapat memperkenalkan dirimu kepada dunia.

Mulailah dengan membuat akun di platform blog. Eric dan saya menyarankan kamu membuat akun di WordPress atau Medium. Keduanya gratis dan sederhana. Kamu tidak perlu memikirkan tema, disain, atau deskripsi blogmu. Tulis saja apa yang menjadi ide-idemu.

Karena baru di tahap awal, platform gratis adalah pilihan terbaik. Barangkali di tengah perjalanan blogging bukan hal yang menyenangkan untukmu jadi kamu tidak perlu menyesal karena belum mengeluarkan uang untuk membeli hosting blog dan domain.

Bingung dengan tulisan pertama? Untuk postingan pertamamu kamu bisa memperkenalkan dirimu, apa yang menjadi tujuanmu membuat blog, dan apa yang kamu inginkan dari blogmu. Buatlah perkenalan yang pende, bersahaja, namun hidup.

Saat kamu memulai blog pribadi, jangan terlalu serius memikirkan pengembangan blogmu. Jangan dulu berpikir akan menghasilkan uang dari kegiatan ini.

Sebaliknya, jadikan blogmu sebagai sebuah taman bermain digital, tempat kamu bersenang-senang tanpa peduli apa kata orang.

Leave a Comment