x6yzbwwrq2srhaacmjnl_bangkok-indra-market

Cara Jitu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog (Untuk Pemula)

x6yzbwwrq2srhaacmjnl_bangkok-indra-marketKamu sudah membuat blog dan mengisinya dengan artikel-artikel yang hebat dan unik. Tapi setelah menengok statistiknya, grafik menunjukkan blogmu hanya dikunjungi belasan orang.

Menyebalkan dan membuat semangatmu menulis blog terus menurun.

Jika kamu ingin menulis blog pribadi tanpa kepentingan bisnis, menulis secara periodik satu atau dua posting dalam seminggu bisa membawa blogmu muncul di halaman depan Google dalam waktu dua tahun.

Namun jika kamu menggunakan blogmu untuk bisnis, baik itu untuk mendatangkan pelanggan atau kamu memang berprofesi sebagai blogger profesional, maka traffic blog adalah hal yang vital.

Dengan banyaknya situs web yang bersaing di niche blogmu, tentu butuh usaha keras untuk meningkatkan kunjungan ke blogmu. Berikut cara-cara hebat yang bisa kamu terapkan jika ingin mendongkrak jumlah pengunjung blogmu.

1. Teknik-teknik SEO

Sampai saat ini optimasi mesin pencari atau SEO masih menjadi cara ampuh untuk meningkatkan kunjungan ke blog atau situs pribadimu. Sederhananya, dengan SEO kamu bisa menciptakan dampak yang lebih besar pada situs webmu.

Satu dasar dalam SEO adalah mengoptimalkan kata-kata kunci (keywords) dan mengelola kata-kata dalam kontenmu. Dalam kata kunci dan konten kamu perlu memasukkan kata-kata terkait topik yang tengah kamu tulis, yang sering dicari oleh pengguna internet.

Jadi, ketika orang mencari topik yang menjadi nichemu, blogmu akan berada di peringkat teratas dalam mesin pencari. Tentu dengan berada di laman depan, peluang orang untuk berkunjung ke situsmu akan semakin besar.

Meski begitu, mengutak-atik SEO bisa menjebak karena bila kamu terlalu banyak menggunakan kata-kata tersebut, peringkatmu bisa cenderung turun karena mesin pencari merasa kamu menyebar spam.

Jangan lupa, kamu bisa menggunakan kata kunci panjang yang terdiri dari beberapa suku kata. Kata-kata kunci panjang memberi kesempatan konten dan blogmu mendapat peringkat yang lebih tinggi jika banyak yang mencari frase tersebut. Umumnya untuk kata kunci panjang terdiri dari dua hingga empat suku kata.

2. Penulisan konten

Persoalan konten dapat dimasukkan dalam bahasan SEO. Namun, konten punya hal khusus yang dapat dijadikan sebagai bahasan.

Banyaknya pengunjung dapat membantu situs webmu mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Namun dalam hal blog atau pemasaran, konten blogmu tetap punya peran penting.

Meski kamu hebat dalam SEO, namun tanpa konten yang memikat, pengunjung tidak akan berlama-lama menjelajahi situsmu.

Berikan pengunjugmu konten yang berkualitas dan paparkan detil-detil yang mereka butuhkan. Jika mereka menyadari blogmu memberikan informasi yang berguna, mereka akan kembali dan membagikannya dengan pengguna internet lainnya.

Selain kemampuan dalam menulis, kemampuanmu dalam menavigasi dan menghubungkan konten di dalam situs webmu akan membantu meningkatkan peringkatnya.

Panjang artikel juga memengaruhi tingkat kepopuleran blogmu. Situs Maxmanroe baru-baru ini mengungkapkan, semakin panjang tulisan maka semakin besar peluang situsmu mendapat banyak pengunjung. Konten yang panjangnya lebih dari 2000 kata memiliki peluang 76,8 persen lebih besar menjadi viral.

Ada baiknya kamu mengombinasikan konten yang panjang dan pendek di situs webmu sehingga memberi pilihan bagi pembaca yang ingin mencari konten yang ringan maupun artikel-artikel mendalam.

3. Bersosialisasi

Kamu merasa kontenmu akan berguna bagi pembaca, namun tanpa promosi tidak banyak yang akan mengetahui situs maupun tulisanmu.

Menyebarkan tulisanmu melalui media sosial adalah langkah yang mudah saat ini. Milyaran orang sudah bergabung ke saluran media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr, maupun Google Plus. Hal ini membuat media sosial jadi cara ampuh untuk mempromosikan situs webmu.

Jika kamu memiliki dana untuk beriklan, membayar layanan iklan di sosial media merupakan cara yang ampuh. Salah satu keunggulannya adalah iklan di sosial media belum terhalang oleh aplikasi penghalau iklan (adblocker).

Beriklan di Facebook misalnya. Kamu bisa memilih mengiklankan konten andalanmu atau fanpage bahkan situs webmu. Ini berguna untuk menambah pengikut di laman maupun pengunjung situsmu.

Namun, untuk beriklan di media sosial kamu harus membuat judul dan gambar yang memikat karena cepatnya sirkulasi kabar yang muncul di timeline atau di wall media sosialmu.

Selain sosialisasi di dunia maya, kamu jangan lupa bersosialisasi di dunia nyata. Kabarkan pada keluargamu, temanmu, atau komunitasmu jika kamu memiliki situs web atau tulisan yang membahas hal tertentu.

Bergabung dalam komunitas blogger, penulis, atau marketer di daerahmu dan undang mereka untuk mengunjungi dan memberi penilaian atas situsmu. Jangan lupa kamu tanyakan hal apa yang perlu kamu tulis untuk artikel selanjutnya.

Jika kamu mampu berkenalan dengan orang-orang yang punya pengaruh di dunia maya (influencers), jangan sia-siakan kesempatan itu. Bicarakan tentang situs webmu dan undang dia berkunjung ke sana. Kamu bisa meminta dia untuk membagikan artikel yang berguna pada pengikutnya di media sosial.

Perkenalan seperti ini jauh lebih baik ketimbang kamu mengirim email kepada para influencer dan meminta mereka membaca dan menyebarkan tulisanmu.

4. Email Marketing

Oke, mengirim email mungkin tidak pas jika kamu ingin membangun relasi dengan influencers. Namun, cara ini masih berguna bagi pengguna internet lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan melalui email ini. Jika kamu sudah mendapatkan daftar orang-orang yang berlangganan blogmu, maka kamu dapat mengabarkan posting terbaru blogmu.

Saya menyarankan untuk tidak membeli daftar alamat email dari layanan penjualan data karena belum tentu daftar-daftar tersebut valid dan masih aktif. Jika tautanmu dianggap sebagai spam, hal itu dapat menurunkan peringkat situsmu d mesin pencari.

Kamu tetap bisa mengirim email kepada orang-orang yang belum berlangganan situsmu dengan memanfaatkan kontak-kontak email pribadimu. Kemungkinan emailmu dianggap sebagai spam akan kecil karena sang penerima mengenalmu.

Bagi pelaku internet marketing, email adalah salah satu alat terbaik untuk mempromosikan konten dan produk dagangan. Meski saat ini eranya media sosial, namun orang lebih banyak mengecek email ketimbang berselancar di sosial media. Tidak semua orang nyaman dengan keriuhan di sosial media, namun ia secara rutin mengecek emailnya minimal sekali sehari.

Berilah informasi yang berguna kepada target penerima emailmu dan jangan sekedar menawarkan produk.

Mereka tak akan merasa rugi mendaftarkan emailnya jika informasi yang kamu berikan melalui email berguna dan eksklusif. Artinya, mereka hanya mendapatkannya di email dan bukan di blogmu.

Berpromosi lewat email memiliki keterampilan khusus. Kamu bisa belajar banyak teknik dari berbagai copywriter berpengalaman. Saya berlangganan newsletter Nick Usborne, Make A Living Writing, Copyblogger, dan Smartblogger untuk belajar bagaimana cara mereka berinteraksi dengan pembaca blognya melalui email.

***

Dari cara-cara di atas, cara mana yang paling efektif untuk meningkatkan kunjungan ke situsmu? Kami sangat senang jika kamu bisa berbagi dengan menulisnya di kolom komentar. 

5 thoughts on “Cara Jitu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog (Untuk Pemula)

Leave a Comment