bangun-website-layaknya-perpus

Apakah Konten Website Anda Informatif Dan Menolong Pembaca ?

perpus

 

Apa yang anda harapkan dari konten-konten di situs web anda?

Jika anda sudah lama membangun website dan mengisinya dengan banyak konten, anda tentu memahami bahwa konten-konten tersebut dapat meningkatkan kunjungan ke situs web tersebut.

Secara sederhana, cara kerja konten seperti ini:

Dalam sebuah artikel terdapat kata-kata kunci pada judul maupun badan artikel yang terindeks oleh mesin pencari. Ketika seorang pembaca mencari kata kunci di mesin pencari seperti Google, jika kata kunci itu cocok dengan kata kunci salah satu artikel di situs anda, maka ada kemungkinan pengguna tersebut akan mengunjungi website anda.

Peluang akan makin besar kalau konten anda tampil di halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci tersebut.

Semakin banyak artikel  di situs anda, maka semakin besar kemungkinan pembaca datang ke situs anda. Ini karena mesin pencari mengindeks semakin banyak kata kunci dari website anda. 

Sebagai contoh, anda memiliki atau bekerja di perusahaan reparasi mobil. Anda membangun website yang kaya dengan artikel tentang cara mereparasi mobil.

Hari demi hari situs anda mendapatkan pengunjung baru yang ingin mencari informasi gratis tentang cara-cara memperbaiki mobilnya. Namun pengunjung tidak hanya mendapat informasi dari artikel.

Baik artikel itu maupun di laman lain situs web ada banyak informasi yang memperkenalkan layanan reparasi mobil anda. Ketika pengunjung itu berselancar membuka laman lainnya, ia akan mengetahui layanan reparasi yang perusahaan anda miliki.

Ia akan memutuskan, apakah tertarik dengan layanan anda atau segera pergi ke situs web lainnya.

Dalam kasus ini, konten merupakan sarana untuk memancing pengunjung datang ke situs web anda. Pertanyaannya, apakah konten-konten tersebut bermanfaat bagi pengunjung situs web? 

Website layaknya perpustakaan kuno

Oke, saya ingin membawa anda mengingat kembali masa sekolah. Satu hal yang tidak terpisahkan dari sekolah adalah perpustakaan.

Baik di jaman pra internet hingga saat ini, perpustakaan tetap hal yang menarik. Di sana selalu saja ada buku-buku berguna yang sebelumnya tidak kita temui atau tidak sanggup kita beli.

Pengalaman saya ketika kuliah, saya menemukan banyak buku-buku referensi berbahasa Inggris yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jelas, saya tidak mampu membeli buku-buku seperti itu, padahal itu adalah bulu-buku yang sangat saya butuhkan dalam proses belajar.

Saya hanya bisa membaca buku-buku itu di perpustakaan dan karena hal tersebut saya rajin mengunjungi perpustakaan.

Sebaliknya, perpustakaan akan menjadi tempat yang membosankan jika kita tak menemukan buku yang bisa membantu kita memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan.

Bisa jadi, satu kali kita menerima ajakan untuk mengunjungi perpustakaan. Ada buku-buku dengan judul provokatif dan menarik perhatian. Namun setelah dibaca, isi buku itu mengecewakan.

Anda kemudian mencari buku lain namun tidak menemukan yang bisa membantu anda menyelesaikan masalah. Akhirnya anda memutuskan untuk tidak lagi mengunjungi perpustakaan itu.

Kondisi seperti itu bisa terjadi pada situs web anda. Barangkali anda membuat konten dengan judul menarik dan bombastis. Optimasi membuat artikel anda muncul di halaman depan di mesin pencari. Namun jika artikel atau situs web itu tidak memiliki nilai atau manfaat, maka pengunjung akan meninggalkan situs web tersebut dan tidak akan kembali.

Pelajari keinginan pengunjung

Dalam sistem perpustakaan, seorang pustakawan memiliki fungsi seperti seorang pembuat konten (content creator). Ia yang menentukan buku-buku apa yang akan ia tambah untuk perpustakaannya.

Pustakawan akan melihat tren, mencari buku apa yang sedang dicari para pembaca dan menjadi pembicaraan.

Seorang pustakawan perlu mencari buku-buku populer untuk menarik pengunjung datang ke perpustakaan. Namun, ia juga perlu tahu apa kebutuhan pengunjung yang datang ke perpustakaannya.

Ia harus menyediakan buku-buku yang dapat memberikan nilai dan membantu memecahkan masalah para pengunjung. Ia juga perlu berbicara dan mencari data buku apa yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Hal yang sama berlaku saat anda mengembangkan strategi konten di situs web usaha atau lembaga. Artikel-artikel segar tentang hal-hal yang menjadi pembicaraan publik (namun terkait topik situs web) dapat anda terbitkan. Namun anda juga harus menyiapkan banyak artikel mendalam dan bermanfaat bagi pembacanya.

Jika pengunjung mendapat manfaat dari artikel di situs web anda, maka mereka tidak keberatan untuk menjelajah situs web lebih jauh, membagikannya di media sosial hingga mendaftarkan email mereka.

Anda harus ingat, meningkatkan pengunjung ke situs web anda tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh waktu untuk membangun situs web dengan perpaduan artikel-artikel populer dengan referensi yang mendalam dan bermanfaat bagi pembaca anda.

Saya ambil contoh di situs web suatu perusahaan dealer mobil. Artikel review mobil keluaran terbaru akan artikel populer yang banyak dicari pecinta otomotif. Namun, artikel tentang memperbaiki tangki bensin yang bocor dalam keadaan darurat akan memberikan manfaat dan nilai untuk pembaca.

Dalam menyusun strategi konten situs web, seimbangkanlah antara artikel populer dan artikel yang benar-benar memiliki makna bagi pembaca anda.

Jenis artikel terakhir tidak lekang oleh waktu. Ia akan terus menjadi referensi meski di satu masa tren telah berubah dan teknologi di artikel itu sudah mulai ditinggalkan.

Kini saatnya untuk memikirkan kembali konten yang telah terbit di website anda, apakah koleksi konten di situs web anda sudah sesuai dengan keinginan pembaca.

Selama ini kita banyak diajar membuat konten untuk menarik pembaca dan memasarkan website.

Mengawali tahun yang baru ini anda bisa mengaudit konten-konten yang sudah terbit. Apakah artikel-artikel blog di website anda sudah seimbang, antara yang populer dengan referensi beremanfaat?

Jika anda baru akan membangun konten di situs web perusahaan, anda dapat menyusun kalender konten dengan menyeimbangkan konten-konten yang segar serta sesuai dengan isu-isu terbaru dengan konten yang berguna dan mendalam.

 

CATATAN : Jika anda ingin menyusun strategi konten untuk website atau melakukan audit konten yang sudah ada, anda dapat melakukan sharing session dengan kami. Klik di sini untuk kontak Kreatif Menulis Studio.

Leave a Comment