musician-664432_1920

50 Tips Blogging dari Eric Kim : #2 Segera Terbitkan Tulisanmu

musician-664432_1920

Sebagai manusia kita terobsesi dengan kesempurnaan. Dalam proses menulis sebuah postingan di blog, kita sering merasa perlu menyempurnakan tulisan sebelum menekan tombol ‘Publish’.

Saya pernah mengalami hal itu. Seakan-akan tulisanku selalu belum siap diterbitkan jika saya tidak mengeceknya berulang-ulang.

Awalnya saya mengecek tulisan yang telah saya buat, tapi karena belum puas, saya cek lagi.

Satu hal yang lebih parah adalah saya memikirkan banyak hal bahkan sebelum menulis. Saya berusaha maksimal untuk mewujudkan pemikiran-pemikiran itu namun sangat kecil yang tertuang di dalam tulisan.

“Kita ingin sempurna sebelum menerbitkan blog, masalahnya orang-orang ingin hasil yang maksimal dan sempurna, namun akhirnya mereka hanya bisa merealisasikan 1 persen ide-idenya,” kata Blogger Eric Kim.

Eric menyarankan, jika kamu sudah menyelesaikan 80 persen dari postinganmu, tentu sesuai dengan standar artikelmu, segeralah menerbitkan tulisan itu.

Delapan puluh persen bagi saya adalah saat saya sudah melalui proses berikut: saya menyelesaikan tulisan, lalu mengendapkannya beberapa saat. Setelah kembali membaca tulisan itu saya melihat apakah ada kesalahan pengetikan. Saya kemudian kembali membaca tulisan itu untuk mengetahui apakah ada padanan kata yang tidak sesuai.

Saya hanya sampai di situ. Saya tidak memaksa diri untuk mengoptimalkan postingan blog saya hingga 100 persen. Percayalah, baik saat menulis, memotret, atau membuat video, proses editing dan memoles karya adalah hal yang paling lama.

Saat menulis, kamu sangat menikmatinya dan waktu satu hingga dua jam untuk mencapai hasil 80 persen tidak terasa. Namun proses editing untuk menyempurnakan tulisanmu menjadi 100 persen bakal berlangsung berjam-jam melebihi proses menulis itu sendiri.

Kamu harus ingat, blog pribadimu adalah taman bermainmu. Jangan terlalu serius dan berpikir keras ketika menuliskannya. Tapi saya sarankan kamu menulis blogmu dengan hati dan perasaanmu. Jangan terlalu memikirkan SEO.

Steve Jobs pernah menyatakan, seniman-seniman hebat harus segera berlayar. Yang ia maksudkan berlayar adalah segera luncurkan. Dalam blog, segera terbitkan.

Seniman tidak ingin terjebak pada kesempurnaan karena itu akan menghabiskan waktu.

Jika pada suatu hari kamu ingin menyempurnakan postingan blogmu, kamu bisa kembali beberapa hari setelah kamu menerbitkan blogmu. Kamu bisa kembali dengan pikiran yang jernih karena secara emosional tidak lagi terikat dengan tulisan itu.

Membaca tulisanmu dari kacamata pembaca akan membuatmu lebih obyektif dalam proses editing. Namun, ketika kamu masih mengawali proses ngeblog dan kamu tidak menggantungkan hidupmu dari blog, maka kamu tidak perlu memusingkan banyak hal-hal teknis, segera tulis dan terbitkan tulisanmu.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ketidaksempurnaan adalah proses alamiah. Kamu hanya perlu membangkitkan keinginan untuk menulis, tulis apa yang ada dalam benakmu, periksalah sebentar dan segera terbitkan. Ingat, jadikan ngeblog sebagai kegiatan yang menyenangkan dan jangan tersiksa dengan prosesnya.

 

*****

Tulisan ini merupakan tulisan kedua yang terinspirasi dari 50 tips ngeblog untuk pemula yang ditulis Eric Kim.

 

Leave a Comment