CC Pixabay (https://pixabay.com/photo-1015988/)

Siapa Keluar dan Siapa Masuk 28 November 2016

CC Pixabay (https://pixabay.com/photo-1015988/)
CC Pixabay (https://pixabay.com/photo-1015988/)

Karir dalam bidang jurnalistik merupakan sebuah proses yang dinamis. Hampir setiap minggu, di setiap penerbitan ada wartawan yang keluar dari sebuah media, dan ada pula yang bekerja di media yang baru.

Hal yang sama juga terjadi di bidak hubungan masyarakat atau public relation. Kebutuhan akan humas yang terampil membuat perusahaan terus mencari pekerja-pekerja sesuai dengan kebutuhan menjaga dan meningkatkan citra perusahaan / organisasi sekaligus menyampaikan pesan dari lembaganya kepada publik.

Selain hal itu, sejumlah wartawan atau PR ingin menjalani karir sebagai pekerja lepas atau membangun usahanya sendiri.

Berikut merupakan daftar wartawan atau PR yang keluar dan masuk ke tempat kerja baru seperti dilansir dari newsletter Telum Media.

Tom Allard kini Kepala Koresponden Asia Tenggara Reuters

Eks Editor Nasional The Sydney Morning Herald, Tom Allard, baru-baru ini telah bergabung dengan Reuters sebagai Kepala Koresponden untuk Asia Tenggara. Dengan posisinya ini, ia ditempatkan di Indonesia untuk mengawasi peliputan di kawasan Asia Tenggara, meliputi Filipina, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Thailand.

Sebelumnya, Tom memegang berbagai peranan di The Sydney Morning Herald selama 22 tahun kariernya, di antaranya: Editor Keamanan Nasional, Koresponden Ekonomi, Koresponden untuk Jakarta, Editor Investigasi, dan yang terakhir, Editor Nasional.

Tom saat ini sedang cuti dan akan mulai liputan lagi dalam beberapa minggu mendatang.

Tetap terhubung dengannya melalui surel di tom.allard@thomsonreuters.com atau melalui akun Twitter @tom_allard

Kabar dari Kumparan.com

Ada beberapa kabar dari tim redaksi Kumparan.com:

Anggi Kusumadewi
Anggi Kusumadewi baru-baru ini telah bergabung dengan Kumparan.com sebagai Editor of Data Journalism. Sebelumnya, Anggi merupakan Editor di desk nasional CNNIndonesia.com selama dua tahun. Ia memulai karier jurnalisme pada tahun 2008 di Okezone.com, menyusul di VIVA.co.id sebagai Reporter dan Asisten Redaktur selama enam tahun. Ia juga pernah bekerja Penyiar Radio paruh waktu semasa kuliah.

Anggi kini dapat dihubungi melalui surel di anggi.kusumadewi@kumparan.com atau nomor ponsel (62) 81 1101 7791.

Wiji Nurhayat
Wiji Nurhayat baru-baru ini bergabung dengan Kumparan.com sebagai Editor Bisnis dan Ekonomi. Sebelum bergabung dengan Kumparan.com, Wiji merupakan Redaktur Pelaksana di Indotrading.com. Ia juga pernah menjadi Jurnalis Detik.com selama tiga tahun.

Wiji kini dapat dihubungi melalui surel di wiji.nurhayat@kumparan.com atau melalui nomor (62) 813 1650 2270.

Bergas Agung Brillianto
Bergas Agung Brillianto kini bekerja sebagai Jurnalis di Kumparan.com untuk desk olahraga. Sebelumnya, Bergas menulis berita olahraga untuk Bolanesia.id dan Msports.net, serta menulis ficer tentang sepak bola lokal dan internasional di FourFourTwo Indonesia.

Ia kini dapat dihubungi melalui surel di bergas_agung@yahoo.com atau nomor ponsel (62) 838 9939 0576. Bergas juga berkicau di @bergasss

Sandy Indra Pratama tidak lagi Pemimpin Redaksi Hukumonline.com

Sandy Indra Pratama baru-baru ini mengundurkan diri sebagai Pemimpin Redaksi Hukumonline.com dan kini menerima tawaran sebagai Jurnalis Lepas. Sebelum bergabung dengan Hukumonline.com, Sandy bekerja sebagai Penulis di Beritagar.id serta Redaktur Pelaksana di CNNIndonesia.com. Sebelumnya, ia merupakan Jurnalis Investigasi di Majalah Tempo selama delapan tahun.

Sandy dapat dihubungi melalui surel di emailaing@gmail.com

Ayomi Amindoni bergabung dengan NHK Biro Jakarta

Setelah lebih dari satu tahun menjadi Reporter di The Jakarta Post, Ayomi Amindoni baru-baru ini meninggalkan posisinya dan bergabung dengan NHK Biro Jakarta sebagai Reporter. Di NHK, ia bertugas meliput berita dan ficer general. Sebelum menjadi Reporter di The Jakarta Post, Ayomi juga pernah menjadi Jurnalis di Media Indonesia selama empat tahun.

Ayomi dapat dihubungi melalui email di amindoni@gmail.com atau melalui nomor (62) 81 7042 3628. Ia juga dapat diikuti di Instagram dan Twitter.

Fransiska Ninditya kini Kontributor ANTARA di Britania Raya

Fransiska Ninditya kini bekerja sebagai Kontributor ANTARA di Britania Raya. Ia saat ini tengah melanjutkan pendidikan master di bidang jurnalisme global di University of Sheffield dan diperkirakan akan kembali ke Indonesia pada Januari 2018. Ia telah bergabung dengan ANTARA sejak Juli 2010.

Fransiska masih dapat dihubungi melalui surel di f.ninditya@yahoo.com

Renaldo Tawaris bergabung dengan VICE Indonesia

Renaldo Tawaris baru-baru ini bergabung dengan VICE Indonesia sebagai Staf Penulis. Di VICE Indonesia, ia menulis tentang berbagai topik, seperti budaya margin dan kuliner. Sebelumnya, Renaldo merupakan Penulis Lepas serta pernah bekerja sebagai Copywriter untuk Seratus Company.

Renaldo dapat dihubungi melalui surel di renaldo.gabriel@vice.com atau rnldo.tawaris@gmail.com. Ia juga dapat dihubungi melalui nomor (62) 812 3903 9024.

Dina Noviyanti Badaruddin ambil peran baru di CNN Indonesia TV

Dina Noviyanti Badaruddin baru-baru ini telah mengambil peran baru di CNN Indonesia TV sebagai Asisten Produser. Ia kini ditempatkan di Program Prime News dan bertanggung jawab atas konten program dan hal teknis. Dina telah bergabung dengan stasiun tersebut sejak November 2014, di mana saat itu ia ditempatkan sebagai Periset di Departemen Production Planning.

Ia kini dapat dihubungi melalui surel di noviyanti.dina@gmail.com atau nomor ponsel (62) 81 196 1875. Anda juga dapat mengikutinya di Google+.

Heru Guntoro kini Editor di Infonawacita.com

Heru Guntoro kini bekerja di Infonawacita.com sebagai Editor dan bertugas mengedit dan mengoordinasi Reporter. Sebelumnya, Heru bekerja sebagai Penulis untuk beberapa media seperti Sinar Harapan, Majalah DIA dan Majalah Bahana.

Ia dapat dikontak melalui surel di heruguntoro77@yahoo.co.id atau Linkedin.

Dwi Ari Ristianto pindah ke Ligaolahraga.com

Dwi Ari Ristianto baru-baru ini telah pindah ke Ligaolahraga.com sebagai Editor. Sebelumnya, Dwi merupakan Editor di ANTARA, di mana ia bertugas mengedit dan menerjemahkan berita dari bahasa Inggris ke Indonesia. Selain bekerja di Ligaolahraga.com, Dwi saat ini juga masih bekerja sebagai Penerjemah dan Administrator Media Sosial di Xinhua News, Biro Jakarta.

Tetap terhubung dengannya melalui surel di ari_rist@yahoo.com

Putri Perwira beralih ke bidang Komunikasi

Setelah lebih dari satu tahun bekerja sebagai Reporter untuk program Big Bang! Show di Kompas TV, Putri Perwira baru-baru ini meninggalkan posisinya dan beralih ke bidang komunikasi. Ia melanjutkan kariernya sebagai Konsultan di Kennedy, Voice & Berliner, di Jakarta. Sebelumnya, Putri pernah bekerja sebagai Account Executive di SWA, Junior Public Relations Officer di SKPR Asia, dan sempat menjadi Penerjemah paruh waktu untuk SPOT Corporate Communication.

Ucapkan yang terbaik kepadanya melalui surel di putri.perwira@kennedyvoice-berliner.com atau putriperwira@hotmail.com

Asif Ullah Khan mencari peluang sebagai Jurnalis Lepas

Asif Ullah Khan saat ini sedang mencari kesempatan untuk bekerja sebagai Jurnalis lepas di Asia Pasifik. Ia memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri jurnalisme. Mengawali kariernya bersama The Times of India di Jaipur pada 1986, Asif juga pernah bekerja sebagai Editor Produksi di Khaleej Times, Chief Sub Editor di The Hindustan Times, dan Wakil Redaktur Pelaksana di The Brunei Times.

Asif dapat dihubungi lewat surel di asifullahkhan@gmail.com

Jurnalis penerima Knight-Wallace 2016-17 Austin Ramzy lakukan proyek penelitian tentang Myanmar

Jurnalis kawakan Austin Ramzy yang merupakan penerima Knight-Wallace 2016-17 Journalism Fellow dari University of Michigan memulai proyek penelitian terkait demokratisasi di Myanmar yang berlangsung dramatis. Austin merupakan Koresponden untuk Asia dengan pengalaman meliput Tiongkok. Ia merupakan Reporter untuk The New York Times dan terakhir berbasis di Hong Kong. Ia bergabung dengan TIME di Hong Kong pada Mei 2003, sebelum pindah ke biro di Beijing pada Mei 2007. Sementara ini, Austin berada di Amerika Serikat untuk program tersebut.

Ia dapat dikontak di austin.ramzy@nytimes.com. Austin akan kembali ke kantornya pada Juni 2017. Anda juga dapat mengikutinya di Twitter.

Kesempatan ke Jepang bagi Fotografer

Fotografer dapat mendaftarkan dirinya untuk memenangkan wisata ke Jepang dengan dimentori fotografer kawakan, Richard I’Anson. Peserta yang berminat harus mengirimkan foto cerita beserta esai.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situsnya.

Beasiswa S2 Jurnalisme dari Erasmus Mundus

Erasmus Mundus menawarkan beasiswa master di bidang jurnalisme bagi lulusan sarjana dari seluruh dunia. Batas waktu pendaftarannya adalah 10 Januari 2017, pukul 12 (waktu Eropa Tengah). Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situsnya.

Leave a Comment