studi-kasus-seo-sederhana

Studi Kasus : SEO Sederhana Untuk UKM

SEO Sederhana UKM

Tahun lalu saya berdiskusi dengan salah satu senior saat masih bekerja di surat kabar. Saya bercerita tentang rencana saya membangun website dan jasa penulisan. Saya katakan, saya masih perlu belajar soal search engine optimization (SEO).

Senior itu bertanya : “Memangnya SEO masih berpengaruh?”

Saya hanya jawab sekenanya. “Sepertinya masih.”

Ia lalu mengatakan, saat ini konten sangat berpengaruh. Semakin banyak konten berita yang diterbitkan dan dibaca, maka semakin baik peringkat situs itu di mesin pencari.

Saya tidak tahu bagaimana penilaian mesin pencari untuk situs berita. Namun, saya mengalami bagaimana cara SEO masih berpengaruh pada blog, terutama untuk usaha kecil.

Beberapa minggu terakhir saya kerap mendapat telepon atau whatsapp yang bertanya tentang cerutu yang saya jual. Penelepon itu tak hanya bertanya. Beberapa akhirnya membeli cerutu tersebut.

Saya memang menjual cerutu dalam partai kecil dan memasarkannya lewat satu situs web yang saya bangun. Sebenarnya, baik bakulan cerutu maupun situs web itu awalnya satu pekerjaan iseng. Yang pertama saya ingin tahu bagaimana minat warga Makassar terhadap cerutu dan situs itu saya bangun untuk belajar mendapat iklan dari Google Adsense.

Namun, kedua hal tersebut tidak berjalan dengan baik di awal. Tidak ada yang bertanya soal cerutu, dan saya belum bisa mendapat persetujuan adsense.

Belakangan, prospek cerutu mulai berubah karena makin banyak orang yang bertanya kemudian membeli. Saya kemudian mencari tahu dengan menulis ‘jual cerutu makassar’ di Google.

Hasilnya, ternyata situs saya berada di peringkat pertama untuk kata kunci itu. Saya yakin pencari kata kunci itu tidak banyak. Tapi kata kunci itu spesifik dan keinginan untuk membeli produk itu tinggi.

SEO Sederhana

bonjbu19iiy-brooke-cagle

Bagaimana laman bakul cerutu saya bisa ada di peringkat pertama ?

Saya coba mengingat dan kembali melihat URL-nya dan menemukan susunannya adalah ‘jual-cerutu-makassar’.

Jika boleh dikata, itu hanya SEO sederhana.

Sekitar tiga atau empat bulan lalu saya mengutak-atik URL postingan tersebut. Membuatnya lebih sederhana dengan sedikit riset.

Hal itu tidak hanya saya lakukan pada laman penjualan cerutu. Saya juga mengutak-atik judul dan URL artikel berjudul Invasi Kerajaan Kek Pisang menjadi  Profil Denni Delyandri : Bangun Kek Pisang Villa Usai Gadaikan Kalung Pemberian Mertua . Saya juga mengubah URL menjadi https://yermiariezky.com/2016/02/05/profil-denni-delyandri-kek-pisang-villa/.

Perubahan itu membawa postingan tersebut ke halaman satu Google untuk kata kunci ‘Kek Pisang Villa’ dan ‘Denni Delyandri’. Kunjungan ke artikel itu juga menanjak. Saat saya mengubahnya di bulan Oktober, kunjungan ke artikel itu melonjak 400 %.

Cara ini juga dipakai oleh aplikasi disain Canva saat melihat ada artikel di blognya yang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Dalam sebuah blog tamu di Smart Blogger, penulis Andrianies Pinantoan mengungkapkan Canva akan mengganti headline blog mereka jika kunjungan ke artikel itu tidak tinggi.

Mudah bagi UKM

xbxqzlnbm0q-todd-quackenbush

Blog merupakan salah satu sumber kunjungan ke situs web anda. Kisah dan tips yang membantu dan bermanfaat dapat menarik menarik banyak pengunjung.

Semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang orang mengenal dan membeli produk atau layanan yang anda tawarkan. Meski demikian, optimasi perlu dilakukan agar situs anda mendapat peringkat yang baik di mesin pencari.

Baik UKM maupun usaha dengan modal besar dapat mengambil keuntungan dengan melakukan optimasi sederhana seperti ini. Anda bisa melakukan riset kata kunci yang terkait dengan usaha anda atau topik blog yang ingin anda angkat.

Jika usaha anda hanya berjalan di kota tempat anda tinggal, maka dalam optimasi baik URL maupun headline anda sebaiknya menambahkan kota anda.

Langkah seperti ini masih sedikit dilakukan oleh pelaku UKM. Kebanyakan promosi dilakukan lewat sosial media dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Belum banyak yang membangun website sendiri baik untuk sekedar memajang produknya, apalagi membuat platform e-commerce-nya.

Anda memang perlu berinvestasi waktu bahkan dana untuk membangun situs web dan belajar mengelolanya. Anda juga perlu belajar menulis blog sederhana yang dapat menceritakan hal-hal seputar bisnis dan produk anda.

Tambahan, selain menjadi media pemasaran, blog anda juga berguna untuk membangun ikatan dengan konsumen.

Pekerjaan ini memang bukan hal yang instan. Butuh waktu agar situs anda bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Namun dengan pengelolaan yang cermat, anda dapat mengangkat keunikan serta menentukan posisi produk di pasar. Ketika pengunjung telah mengenal dan menjalin ikatan dengan merek dan produk anda, tinggal menunggu waktu ketika mereka mulai tertarik dan membeli produk-produk tersebut.

 

Untuk memperkaya anda:

For a me-too business, stories can be the great differentiator (nickusborne.com)

101 Quick & Actionable SEO Tips That Are HUGE (searchenginejournal.com)

 

Sumber gambar:

header : Unsplash / Eppicurence

badan 1 : Unsplash / Brooke Cagle

badan 2 : Unsplash / Todd Quackenbush

1 thought on “Studi Kasus : SEO Sederhana Untuk UKM

Leave a Comment