Tentang Situs Ini

859216_10202148374051749_1500890853_oHalo,

Nama saya Yermia Riezky. Saya merupakan pengelola situs kreatifmenulis.com. Di situs ini saya menjadi penulis dan editor untuk artikel-artikel kisah yang dikirim oleh rekan-rekan saya.

Saya seorang penulis dan fotografer yang berdomisili di Makassar. Selain melakukan dua pekerjaan tersebut saya memiliki passion mendorong rekan-rekan saya untuk lebih berani melangkah dalam proses menulis dan fotografi.

Hal itulah yang saya terapkan pada situs Kreatif Menulis. Situs ini merupakan sarana bagi saya untuk mendorong para pembaca agar bisa melangkah maju mengembangkan kemampuan menulisnya.

Saya tidak menjejali situs ini dengan berbagai alat (tools) mengenai bagaimana (how) caranya menulis. Saya bukan penggemar genre ‘How To’ meski saya tidak menyangkal pada saat-saat tertentu saya membutuhkannya.

Anda suatu saat dapat menemukan genre ‘How To’ tersebut di sini, namun saya ingin agar situs ini merupakan cara saya untuk membagi pengalaman dan informasi yang dapat mendorong anda lebih maju dalam menulis, meski itu hanya satu langkah.

Saya bukan penulis yang dianugerahi bakat merangkai kata dan mengembangkan imajinasi. Sejak kecil, saya didorong bapak untuk membaca. Proses itu menstimulasi otak saya sangat pelan, karena saya tak sanggup menulis dengan teratur hingga masa SMA.

Saya baru serius menulis saat masa kuliah. Di universitas, saya belajar menuangkan pemilkiran lewat blog, wadah komunikasi antar anggota mahasiswa pencinta alam, laporan praktikum, laporan kuliah lapangan, tugas-tugas laporan ilmiah (paper), hingga skripsi. Semua saya lakukan secara otodidak.

Dalam perjalanannya saya mengikuti workshop penulisan dan jurnalistik serta menjadi fasilitator workshop penulisan yang diadakan oleh William Aipipidely, penulis dan aktivis pembangunan asal Yogyakarta. Saya pun semakin mendalami blog terutama selepas pulang magang dengan organisasi Wahana Visi Indonesia.

Proses-proses kecil itu dan diskusi yang berlangsung gayeng dengan William membuat saya tertarik untuk terjun dalam dunia penulisan. Awalnya, saya ragu apakah tulisan saya bisa diminati oleh media dan publik apalagi saya belum memiliki portofolio. Keraguan itu berakhir ketika tulisan pertama saya terbit di tabloid Bola. Sejak saat itu saya merasa menulis akan menjadi jalan hidup saya.

Tulisan itu kemudian membawa saya masuk ke dunia jurnalistik, memenangkan sejumlah penghargaan termasuk menjadi finalis Anugerah Adiwarta saat bekerja untuk Majalah Batam Pos, dan menjadi bagian dari penulis bersama yang menuliskan tiga buah buku.

Saya yakin bahwa proses seperti itu juga dialami oleh banyak orang yang ingin menulis, namun kebingungan untuk mengawalinya. Mungkin anda saat ini mengalaminya dan saat mencari ide di mesin pencari anda menemukan situs ini.

Saya berharap, situs ini dapat mendorong anda menyalurkan ekspresi dan hasrat anda untuk menulis. Entah itu menggunakan mata pena pada kertas, celetukan mesin ketik, blog, atau perangkat elektronik anda. Setiap orang punya kisah dan pemikiran yang dapat dibagi melalui tulisan. Saat anda menulis, anda mencipta.

Yang terakhir, saya tidak ingin mendorong anda sekedar lebih mahir dalam merangkai kata atau menemukan diksi. Tujuan utama dari Kreatif Menulis adalah agar anda bisa mencapai kebahagiaan melalui proses menulis karena kreatifitas hanya akan muncul dari jiwa yang bahagia.

Salam,

Yermia Riezky